Pemerintahan

Guna Mempercantik DAM Bagong Dalam Program Kaliku Bersih, KORSDA Kabat Lakukan Giat Rutin Bersih – Bersih

Banyuwangi, Topiknews.co.id – Untuk menunjang sinergitas dalam program Kaliku Bersih yang tersebar di 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Koordinator Sumber Daya Air (KORSDA) Kabat lakukan giat rutin pemeliharaan dan bersih bersih sungai DAM Bagong setiap hari Jumat dan Senin, yang dimana Dam Bagong berada di perbatasan antara dua Kelurahan yaitu Kelurahan Sobo dan Kelurahan Pakis. Jumat (25/2/2022).

Koordinator Sumber Daya Air (KORSDA) Kabat, Asnari mengatakan , Kegiatan rutin kami di wilayah Kabat itu seminggu dua kali yaitu hari Senin dan tiap Jumat, tapi untuk control antisipasi banjir bisa 24 jam dalam pantauan kami terutama yang jaga pintu air atau PPA (Penjaga Pintu Air), DAM Bagong ini sungainya lebar dan berdekatan langsung dengan pasar pariwisata yang baru, jadi perlu polesan dan perawatan pemeliharaan yang rutin, “karena musim penghujan pendangkalan sendimen dan sampah yang terbawa arus sungai Bagong ini perlu diantisipasi oleh KORSDA Kabat .” Jelasnya.

Sedangkan DAM Bagong itu sendiri bisa mengaliri persawahan kurang lebih seratus hektar sawah, dimana aliran sungai Bagong yang sebelah Utara yang masuk kelurahan Sobo bisa mengaliri kurang lebih 40 hektar dan yang sebelah selatan yang masuk Kelurahan Pakis bisa mengaliri kurang lebih 60 hektar sawah.

Asnari juga menambahkan, Sungai Bagong ini selalu sering kami bersihkan itu tugas kami yang sering kami lakukan, karena kita tahu kesadaran masyarakat yang masih kurang untuk merawat dan menjaga sungai supaya tetap bersih, “kalau sungai kita bersih akan menjadikan kebanggaan tersendiri sebagai masyarakat Banyuwangi yang peduli akan hidup sehat dan bersih, kenapa kami selalu mengadakan giat rutin ini supaya meminimalisir sampah biar gak terjadi banjir. ” Ungkapnya.

Dalam giat rutin bersih bersih sungai Kali Bagong ditiap Minggu melibatkan PPA dan Prakarya kurang lebih 20 orang.
KORSDA Kabat Asnari juga mengharapkan , ” Dalam pelaksanaan giat rutin ini perlu kita lakukan secara rutin karena sampah sampah yang mengendap di sungai Bagong bisa mengakibatkan banjir akibat dari pendangkalan sendimen di DAM ini, Kami menghimbau kepada masyarakat luas khususnya yang berada di aliran sungai manapun untuk tetep bisa menjaga,memelihara merawat sungai supaya lebih Indah dan cantik, karena sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan kita semua. ” Pungkasnya. (Ant).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
×