Pemerintahan

Musdes Khusus Desa Kromengan, 161 Kepala Keluarga Akan Menerima BLT-DD

Malang, Topiknews.co.id – Rabu malam (13/5/2020) di aula rapat Desa Kromengan, diselenggarakan musyawarah desa khusus tentang proses penyaluran BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa). Dihadiri oleh Muspika yang di wakili oleh Kasipem Kecamatan Kromengan, Kepala Desa beserta staf, BPD, Babinsa, Bimaspol serta seluruh perangkat RT dan RW Desa Kromengan.

Kegiatan ini merupakan finalisasi hasil verifikasi dan validasi data penerima bantuan langsung tunai yang diambilkan dari DD untuk masyarakat terdampak pandemi corona.

Bayu, Kasipem Kecamatan Kromengan dalam sambutannya mengatakan,”Dalam rangka mengatasi pandemi corona ini, pemerintah mengalokasikan bantuan sebesar 600 ribu rupiah per bulan selama 3 bulan yang diambil dari Dana Desa.”

“Sesuai atensi Bapak Camat, apabila dikemudian hari ada warga yang belum menerima tidak perlu demo, tetapi sampaikan secara baik-baik kepada pihak pemerintah desa,” ujarnya.

“Bahwa di Desa Kromengan sudah dialokasikan sebesar 30 persen dari Dana Desa atau sebesar 291 juta rupiah yang akan diterimakan kepada 161 KK yang sudah didata dan diusulkan oleh seluruh RT yang ada di wilayah Desa Kromengan,” papar Bambang Zazuli, Kepala Desa Kromengan dalam sambutannya.

“Dana ini akan diberikan kepada masyarakat di luar penerima bantuan sosial yang lain, seperti PKH, BPNT dan ini dilaksanakan secara transparan dan fair serta untuk bulan Mei ini akan diterimakan 2 bulan yaitu dana yang seharusnya turun bulan April kemarin dan bulan Mei ini,” tambahnya.

“Karena hal ini kondisi darurat, meskipun warga tidak mempunyai KTP dan KK tetapi jelas-jelas warga Kromengan maka diperbolehkan ikut menerima bantuan ini, apalagi mungkin di keluarganya ada yang sakit kronis dan juga benar-benar terdampak pandemi ini,” tambah Ridwan, Pendamping Desa Kromengan.
“Dana ini akan diberikan 3 kali secara bertahap, yaitu untuk bulan April akan diterimakan pada bulan Mei, untuk bulan Mei akan diterimakan bulan Juni dan untuk bulan Juni akan diterimakan bulan Juli,” imbuhnya.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Desa Kromengan, Hendri Kuswandono bahwa untuk data warga penerima BLT-DD sesuai usulan dari RT tercatat 161 warga yaitu 7 orang di RW 1, 23 orang di RW 2, 13 orang di RW 3, 14 orang di RW 4, 23 orang di RW 5, 23 orang di RW 6, 28 orang di RW 7, 22 orang di RW 8 dan 9 orang di RW 9. (hw)

Related Articles

Back to top button
×