Umum

Tingkatkan Kemampuan Pelajar Dalam Penulisan Berita, KJJT Banyuwangi Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Banyuwangi, topiknews.co.id – Dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam hal penulisan berita, Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) menggelar acara literasi melalui pembekalan dasar tentang jurnalistik kepada siswa-siswi di SMP Negeri 2 Rogojampi, Selasa (21/5/2024).

Kegiatan yang diikuti langsung oleh siswa-siswi SMPN 2 Rogojampi Banyuwangi baik dari OSIS,ekstrakurikuler jurnalistik, dan Palang Merah Remaja (PMR), turut serta dalam kegiatan ini,
Sebanyak 45 siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan menyimak dan segala apa yang di sampaikan oleh tim pemateri dari KJJT Banyuwangi.Selain menerima materi dasar jurnalistik, para siswa juga langsung diberi tugas untuk membuat berita sederhana. Karya terbaik mereka akan dipublikasikan di media online.

Pembina ekstrakurikuler jurnalistik SMPN 2 Rogojampi, Ilham Triadi, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi kehadiran Tim KJJT.
Menurutnya dengan pembekalan dasar dasar jurnalistik praktis yang di berikan Tim KJJT Banyuwangi memberi nilai tambah tersendiri bagi siswa.

” Dengan memberikan dasar dan kaidah penulisan yang benar, membantu anak-anak jurnalistik lebih mudah dalam membuat berita,
Selain itu pelatihan ini tidak hanya melatih siswa dalam penulisan berita, tetapi juga dalam public speaking, meningkatkan kepercayaan diri saat wawancara, serta membantu mereka lebih terarah dalam menentukan topik berita seputar kegiatan sekolah.” Ungkapnya.

Di waktu yang sama Ketua KJJT Banyuwangi, Ricky Sulivan, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mempermudah pelajar dalam mencari dan membuat berita.

“Kami berencana melakukan hal yang sama di sekolah-sekolah tingkat SMP maupun SMA. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pelajar, menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan kualitas SDM di Banyuwangi,” ucap Ricky, yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Suarapecari.com di Banyuwangi. (Ris)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
×