AdvertorialPendidikan

Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Bisa Mendidik Orang Tua Untuk Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Resiko Stunting

Madiun.topiknews.co.id. – Sekolah Orang Tua Hebat, atau biasa disebut dengan SOTH, adalah sekolah pengasuhan yang digagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur.

Sekolah ini merupakan terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orangtua dalam mengasuh anak, terutama anak BALITA. Kali ini Pemerintah desa Glonggong Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, beserta Dinas terkait serta Perawat yang bertugas di Desa Glonggong menyelenggarakan Program Sekolah Orang Tua Hebat ( SOTH) pada Senin (10/06/2024). Program tersebut di gagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui desa dan di danai oleh desa.

Sekolah Orang Tua Hebat ini bertujuan memberikan tambahan pendidikan kepada orang tua agar dalam mendidik anak bisa memberikan pola pengasuhan yang baik dan sesuai serta lebih menjaga anak agar terhindar dari resiko stunting, kegiatan ini rencananya dilaksanakan selama 13 kali pertemuan plus Wisuda.”terang Ketua Tim Penggerak PKK Desa GlonggongRirin Sulistyorini A.Mk.

Masih Kata Ririn Sulistyorini A.Mk. bahwa Sekolah Orang Tua Hebat ( SOTH) merupakan salah satu program yang di hadirkan oleh Pemerintah agar orang tua mampu meningkatkan pola asuh pada anak-anak balita.

Karena program SOTH sangat penting agar orang tua dapat membentuk dan mendidik anak supaya anak menjadi sehat, kuat dan berkualitas hingga mengantisipasi terjadinya stunting akibat pengasuhan yang kurang tepat. Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung Desa Glonggong yang mana pesertanya ada 30 peserta ibu-ibu dan balitanya.”Jelasnya.

Betapa pentingnya program SOTH ini para orang tua diajarkan hal-hal seperti menjaga kesehatan anak usia dini, pemenuhan gizi anak usia dini, perilaku hidup bersih dan sehat, serta stimulasi gerakan kasar dan halus,” ujarnya.

“Sementara Atut Winarsih A.Md.K.l sebagai materi perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga juga mengatakan, dengan adanya program SOTH ini sangat membantu untuk pengetahuan dan menguatkan pola asuh orang tua terhadap anak agar supaya anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Dalam pemberian materi tadi, salahsatunya saya mengajarkan bagaimana cara membasuh tangan yang benar dan pentingnya membasuh tangan untuk kesehatan baik untuk diri sendiri maupun pada anak.

“Dengan demikian, para orangtua dapat menjaga dan mengasuh anak dengan secara sehat dan benar, kemudian para peserta bisa menyebarluaskan ilmu yang didapat yang imbasnya dapat membantu mengurangi masalah stunting khususnya di Desa Glonggong ini.”pungkasnya.(GN).

Related Articles

Back to top button
×