Hukum & Kriminal

Saat Beraksi Kepergok Warga, Pelaku Jambret Terjatuh Dari Motor Karena Panik

Banyuwangi,topiknews.co.id-
Seorang pelaku jambret, Farid Wilhan (48th) Dusun Tegalwudi RT/RW 04/01 Desa Bedewang, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi bernasib sial, Farid terjatuh dari motornya karena panik saat melakukan aksinya kepergok dan dikejar oleh warga pada Senin (29/11/2021).

Pelaku diketahui beraksi di Jln Raya Watugong Dusun Krajan, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi dengan korbannya bernama Jamiatun (54) warga Dusun Krajan RT/RW 02/13 Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi.

Pelaku yang sempat mencoba melarikan diri dari kejaran warga akhirnya malah terjatuh karena panik dan akhirnya tertangkap warga bahkan sempat dihakimi hingga mengalami luka diwajahnya.

AKP Achmad Junaedi, Kapolsek Srono membenarkan adanya tindak penjambretan diwilayahnya. Saat ada laporan dari warga dirinya langsung memerintahkan anggotanya meluncur ke TKP untuk mengamankan pelaku dari amukan warga.

AKP Junaedi menyebutkan jika Kronologi kejadian terjadi pada hari Senin 29 November 2021 sekira jam 11.30 WIB. Waktu itu korban Jamiatun sedang berboncengan dengan saksi Puji Astuti mengendarai sepeda motor Honda Vario Nopol P 3830 XG warna merah. Sesampainya di Jln Raya Watugong Dusun Krajan Kulon, Desa Wonosobo, seorang laki-laki dengan mengendarai sepeda motor Honda CB 150R warna hitam tanpa plat nomor mendahului korban dari sebelah kiri.

“Pelaku dengan cepat mengambil dompet warna hitam milik korban Jamiatun yang ditaruh di tempat barang bawah setir sebelah kiri dan langsung melarikan diri ke arah Barat, Korban yang mengetahui dompetnya diambil paksa orang tak dikenal spontan berteriak “copet…copet…copet. Teriakan histeris korban sontak mengundang perhatian warga, dan langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku. Melihat dibelakangnya ada yang mengejar, pelaku yang panik akhirnya terjatuh dari motor yang ditunggangi. Tanpa perlawanan, pelaku penjambretan tersebut langsung diamankan oleh warga sekitar,” Terang AKP Junaedi, Selasa (30/11/2021).

Junaedi menambahkan, barang bukti milik korban satu buah dompet warna hitam yang di dalamnya ada KTP, SIM A, STNK sepeda motor Honda Vario, dan uang tunai sebesar 100 ribu rupiah serta satu buah Handphone merk Realme warna hitam. Selain itu, turut diamankan juga satu unit sepeda motor Honda CB 150 R warna hitam tanpa plat nomor yang dikendarai pelaku.

“Beruntung anggota Polsek Srono dengan cepat tiba di lokasi. Pelaku penjambretan yang sudah tidak berdaya di tangan warga tersebut langsung dibawa ke Mapolsek Srono untuk diamankan dari amuk massa. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 362 KUHP,” Pungkas AKP Junaedi. (SHT/Tim)

Related Articles

Back to top button