Opini

Dari Tahun Ke Tahun, Hari Anti Korupsi Hanya Seremonial Belaka

Banyuwangi 4 Desember 2021.

Dari tahun ke tahun, bahkan sejak KPK berdiri Hari antikorupsi hanya dijadikan acara seremonial belaka. Sebab, kasus korupsi di Indonesia masih tinggi dan tidak mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

“Korupsi tidak hanya di pusat melainkan hingga diseluruh pelosok daerah,” ujar Danu Budiyono Aktifis sosial politik banyuwangi.

Hal ini bukan saja menunjukkan belum adanya budaya antikorupsi di masyarakat serta perilaku para pejabat yang semakin kesini semakin korup akan tetapi ada yang salah selama ini.
Bahkan ketua KPK sendiri pada jumpa pers tanggal 1 Desember 2021 kemarin, Bingung Banyak Pejabat yang Ditangkap Tapi Korupsi Masih Tetap Ada.

Dan lebih ironisnya lagi walaupun banyak yang menerikakkan antikorupsi, namun pada kenyataanya tetap terjadi korupsi, kolusi juga nepotisme.
Contohnya, terbaru ini ada dua menteri yang diduga melakukan praktik kolusi dan nepotiseme pada keterlibatan PCR yang dilaporkan sejumlah jaringan aktifis ProDEM ke kepolisian.

Bukti lainnya, adanya koruspi dalam pemilukada, dalam pengambilan kebijakan di banyak pemerintah bahkan terjadi dilingkungan istana sendiri.
‘Itu dana bansos di embat juga sama menteri kan..”

Tingginya Kasus korupsi dan belum ada penurunan.
Kondisi ini apakah dikarenakan masih terkonsentrasinya KPK dalam upaya penindakan.
“Masalah pencegahan apakah belum menyentuh, atau apakah vonis para koruptor selama ini masih ringan”.

Menurut hemat saya, upaya pencegahan diperlukan agar tindak pidana korupsi dapat di cegah sedini mungkin, dan upaya ini tidak dilakukan oleh aparat penegak hukum sendiri.
Kita tidak bisa hanya bertumpu pada KPK, Kejaksaan Maupun Kepolisian.
Perlu dorongan yang kuat dari masyarakat agar lembaga penegak hukum, agar aparat penegak hukum khususnya dibidang korupsi lebih bernyali, lebih berani lagi.
Yang utama tentu perlu kesadaran masyarakat luas untuk berperilaku anti korupsi.
Agar hari anti korupsi bukan hanya seremonial dari tahun ke tahun.
Selamat menyambut hari anti korupsi sedunia pada 9 desember nanti.

Danu Budiyono
Jaringan Aktifis ProDEM Banyuwwngi.

Related Articles

Back to top button